Tuesday, June 24, 2014

RANTIS KOMODO PINDAD

RANTIS KOMODO PINDAD
Satu lagi kendaraan tempur karya anak  bangsa berhasil dibuat dan mulai diluncurkan. Sebuah Rantis/Kendaraan Taktis (Tactical Vechile) buatan PT PINDAD yang sukses dengan APC ANOA nya, diharapkan menjadi kendaraan operasional yang handal bagi satuan TNI dan Polri.

Design interior yang memungkinkan Personil bisa melakukan koordinasi


Nama KOMODO diberikan langung oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang juga merupakan pencetus ide pembuatan Rantis Komodo ini pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2012 yang lalu dengan harapan kenaraan ini seperti Komodo yang garang, tangguh dan perkasa dan memiliki kemampuan tempur yang handal dan bisa menyamai atau bahkan melebihi kemampuan Rantis Sherpa buatan Renault.

SPESIFIKASI
KOMODO menggunakan sistem penggerak 4x4 (4 wheel). Dengan bobot 4 ton, kendaraaan ini digerakkan dengan engine diesel turbo intercooler power kendaraan 215 ps @ 2500 rpm, yang  mendorong Rantis ini untuk mencapai rasio berat terhadap kendaraan 25 hp/ton. 

Untuk mesin, komodo memiliki kapasitas 5.193 cc dengan transmisi manual 6 maju 1 mundur dan diferensi lock yang sangat menunjang kemampuan offroad. Sebagai perlindungan diri, Komodo dipagari dengan body dan kaca anti peluru yang bisa menahan serangan sampai dengan peluru berukuran 7.62 mm.

VARIAN
KOMODO yang mengadopsi bentuk dari Hummer (USA) dan Sherpa (Perancis) ini diproduksi dalam 7 varian berdasarkan kebutuhan dari satuan yang menggunakan kendaraan ini yaitu :
  1. Varian Intai
  2. Varian APC
  3. Varian Commando
  4. Varian Angkut Rudal  
  5. Varian Battering Ram(pendobrak)
  6. Varian Ambulance
  7. Varian Cannon Towing
Dari pengembangan menjadi 7 varian inilah KOMODO masuk dalam kategori kendaraan multigun. Hingga saat ini KOMODO yang di bandroll dengan harga 2 s.d 3 Miliar Rupiah ini sudah diproduksi 5 unit yang digunakan olah Kopassus, Arhanud TNI AD dan Brimob

BATTERING RAM
Kopassus adalah pemesan pertama dari Rantis ini. Varian yang dipesan oleh Sat-81 Gultor Kopassus adalah BATTERING RAM (pendobrak) sebanyak 2 unit yang digunakan untuk operasi khusus. Kemampuan varian ini mendobrak beton tanpa tulang dengan ketebalan sampai dengan 30cm.

KOMODO VARIAN BATTERING RAM yang digunakan Sat-81 Gultor Kopassus



Kemampuan khusus lain dari varian ini adalah kemampuan bergerak dalam keandaan gelap gulita tanpa menggunakan lampu, di mana kendaraan ini dilengkapi dengan Night Vision Camera..

Keistimewaan lain dari varian ini dilengkapi dengan tangga yang dapat dinaiki oleh 5 personil dan dapat dinaikkan dalam keadaan berjalan. Kelengkapan ini sangat diperlukan terutama untuk operasi pembebasan sandera di pesawat.

APC
Selain Kopassus, satuan Brimob Polri juga merupakan pemesan pertama dari kendaraan ini. Varian yang dipesan adalah APC (Armoured Personal Carrier) sejumlah 3 unit, dengan spesifikasi lebih sederhana dari Battering Ram.



Saat ini PT Pindad sedang menyelesaikan 10 unit KOMODO APC pesanan Brimob

MISTRAL
MISTRAL KOMODO pesanan Arhanud TNI AD
Setelah Kopassus dan Brimob, Arhanud TNI AD menyusul dengan memesan 50 unit KOMODO varian Angkut Rudal. Varian ini dipesan untuk melengkapi pembelian sistem peluncuran rudal Mistral yang dibeli dari ATLAS. di mana sistem ini sudah digunakan oleh TNI AL untuk melindungi kapal dari serangan udara.


Sistem Rudal Mistral pada KOMODO var. Angkut Rudal


Sistem peluncuran rudal mistral ini akan dipasang di KOMODO ditambah dengan radar MPC yang memandu rudal dengan kemampuan mendeteksi sasaran hingga sejauh 30 km. Sistem peluncuran yang dipasang "Knock Down" pada Rantis KOMODO ini akan menambah mobilitas personil Arhanud di segala medan.

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment